Bicara tentang kiprah brand di media sosial memang tak ada habisnya. Mediawave memantau begitu beragam dan banyaknya campaign dari beberapa brand yang sempat menghuni chart trending topic selama periode Februari 2020.

Tak sedikit brand yang berlomba-lomba memanfaatkan bulan Februari untuk mendapatkan laba besar dengan promo-promo jitu, terlebih adanya hari Valentine yang menjadi salah satu alasan kuat brand memulai campaign. Kira-kira brand mana aja sih yang menjadi jawara campaign selama Februari lalu? Mari kita kupas tuntas.

Grab

Sebagai salah satu perusahaan transportasi online ternama di tanah air, Grab melakukan campaign sederhana dengan “5 GrabFood”

Campaign ini bertujuan untuk para followers mereka merepresentasikan diri mereka hanya dari makanan yang mereka pesan melalui layanan Grab Food. Dengan campaign tersebut, GrabID berhasil menjadi pemuncak teratas dari rangkaian campaign yang dilakukan oleh beberapa brand di Twitter.

Kecenderungan pengguna Twitter yang memang menyukai konten yang bersifat sederhana dan direct memang mampu menarik netizen untuk ikut berpartisipasi terhadap campaign yang sedang hype.

Laurier

Terlihat senyap namun mendadak jadi banyak pembicaraan, inilah yang terjadi terhadap akun @Laurier_ID di Twitter. Bermula dari sebuah cuitan akun autobase @womanfeeds yang memposting foto varian produk Laurier justru mendadak mengundang interaksi para netizen.

Laurier yang menjadi salah satu brand yang top of mind juga ikut mengomentari unggahan dari @womanfeeds karena mendadak menjadi salah satu trending topic di Twitter.

Interaksi seru dari akun @Laurier_ID dengan para netizen ternyata juga berbuah manis lho! Gak sedikit yang meminta untuk diadakannya giveaway pada bulan maret ini. Well done Laurier!

Nature Republic

Maraknya trend K-POP di Indonesia juga mempengaruhi kepopuleran sebuah brand. Meski tidak mengeluarkan produk atau varian baru, Nature Republic justru menjadi buah bibir karena berakhirnya kerjasama mereka dengan boyband asal Korea Selatan, EXO.

Dengan adanya pengumuman berakhirnya kerjasama tersebut, ternyata impactnya berbuah positif bagi si brand dan si brand ambassador. Bagaimana gak, alih-alih timbul keluhan ternyata banyak sekali fans K-POP yang justru berterimakasih kepada Nature Republic yang telah menjalin kerjasama apik dengan EXO yang berujung menjadi trendig topic bulan lalu.

Cadbury

Begitu masuk Februari udah pasti gak jauh dari hari valentine. Hari kasih sayang yang identik dengan cokelat ini menjadi moment rutin dari beberapa brand cokelat, salah satunya Cadbury.

Cadbury yang sadar betul jika sobat bucin membutuhkan amunisi lebih saat valentine akhirnya mengeluarkan sebuah campaign dengan bekerjasama dengan Alfamart. Meski realisasinya dalam bentuk offline, namun campaign bundling produk ini cukup menarik perhatian para konsumen.

Shopee

Korean wave masih menjadi salah satu cara ampuh bagi brand untuk menjalankan sebuah campaign. Shopee sebagai salah satu raksasa e-Commerce di tanah air jeli melihat trend yang lagi hype. Setelah menggunakan Black Pink, Cristiano Ronaldo dan Didi Kempot sebagai ambassador, mereka kembali memanfaatkan momentum kepopuleran boyband NCT.

Kali ini mereka mengadakan campaign giveaway bertajuk ‘Shopee Pilih Aku’ yang berhadiah lightstick yang digunakan boyband tersebut. Seperti menjadi jaminan mutu, campaign tersebut mendapatkan respon positif dari netizen hingga menjadi trending topic.

What we learned

Perkembangan trend saat ini memang cukup dinamis, setiap industri memiliki cara tersendiri untuk berkompetisi mempopulerkan kampanye Brand mereka. Pada periode bulan Februari ini tercatat 5 Brand yang menduduki posisi Top Trending Twitter Indonesia, yaitu GrabID, Laurier, Nature Republic, Cadbury, dan Shopee.

Pengaruh trend global dan pola kolaborasi Brand dengan Public Influencer menjadi salah satu faktor pemicu interaksi besar dari warga Twitter. Selain itu, activity promo produk dan memanfaatkan akun autobase juga cukup efektif untuk menciptakan percakapan organik di social media loh. Sehingga netizen memberikan respon dan menjadi Trending Topic selama bulan Februari 2020 di Twitter Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *