Apa sih sentimen di media sosial?

Sentimen media sosial adalah tentang perasaan positif atau negatif yang digambarkan dalam posting atau keterlibatan di media sosial.

Itu berarti, segala macam bentuk exposure di media sosial gak selalu berdampak positif.

Meskipun kamu mungkin merasa hebat karena brand kamu di-mention di media sosial sebanyak ribuan kali, kamu jangan terlalu percaya diri dulu karena bisa jadi isi percakapan tersebut merupakan keluhan atau bahkan cacian.

Mengapa sentimen sosial begitu penting?

Memberikan insight tentang audiens

Para pemasar akan mendapatkan manfaat dari memiliki sebanyak mungkin informasi tentang audiens mereka. Memahami reaksi audiens kamu terhadap postinganmu membantu kamu merencanakan strategi yang tepat untuk campaign brand kamu dan konten yang akan kamu buat kedepannya

Misalnya saja jika tim media sosial kamu mempublikasikan tentang brand kamu yang berganti logo di platform media sosial, lalu banyak dari audiens kamu memberi tanggapan setelahnya dan ternyata tanggapan mereka cenderung negatif.

Jika brand kamu mampu menganalisa sentimen tersebut, kamu akan mulai berpikir tentang bagaimana kamu harus bertindak agar sentimen negatif tersebut dapat berubah menjadi positif.

Mendukung layanan pelanggan

Memantau sentimen sangat penting untuk customer service brand kamu lho.

Layanan pelanggan tentu sangat penting sebagai ujung tombak sebuah perusahaan untuk menangani masalah secara cepat. Saat kamu menghadapi publik dan ternyata isinya tentang keluh kesah mereka, maka dengan mengetahui sentimen yang ada, brand kamu bisa menanggulanginya dengan cepat sebelum keluhan itu semakin luas dibicarakan di media sosial.

Kamu juga memiliki peluang unik untuk mengubah pengalaman pelanggan yang buruk menjadi pengalaman yang positif kedepannya.

Mengkomunikasikan pesan

Hubungan masyarakat dan komunikasi korporat perlu mewaspadai persepsi sebuah brand

Menggunakan analisis sentimen, kamu dapat mengukur suhu audiens sebelum mengirim pesan apa pun dalam bentuk konten di media sosial

Caranya? Simple: Dengan memperhatikan sentimen sosial kompetitor kamu.

Saat kamu melihat brand dengan audiensi yang sama dengan brand kamu, kamu dapat melihat apa yang ditanggapi oleh audiens target kamu pada setiap postingan.

Mulailah menganalisa brand komeptitor kamu. Lihatlah bagaimana mereka berinteraksi dengan audiensnya, dan hal apa yang kira-kira mempengaruhi pencitraan positif mereka di media sosial.

Di sisi lain: Jenis konten apa yang menerima umpan balik negatif? Apa yang salah dengan mereka? Bagaimana kamu bisa menghindari ini di posting kamu sendiri?

Analisis sentimen juga membantu saat memantau kata kunci. Selain melihat apa yang dikatakan masyarakat umum, kamu dapat menemukan influencer yang relevan dengan industri kamu.

Kam juga dapat melihat influencer melakukan diskusi positif tentang brand kamu, dan menggunakan informasi ini untuk membangun hubungan.

Apakah kamu masih penasaran bagaimana sentimen sosial bekerja? Atau mungkin ingin mengetahui sentimen apa yang di brand kamu dapat di media sosial? Gak perlu khawatir, kamu bisa coba platform kami sekarang dengan cuma-cuma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *