Indonesia kini memasuki fase new normal setelah ribuan purnama berkutat dengan PSBB. Fase new normal ini sendiri memang menuai pro dan kontra yang gak kalah seru di timeline twitter. Beberapa menyoroti tentang kebijakan baru ini dengan komentar yang positif dan juga negatif.

Ada ketakutan ada keraguan dan ada pula optimisme yang mulai disuarakan para penggiat medsos. Kita udah siapin beberapa percakapan yang paling ramai seliweran di linimasa. Simak datanya.

Pusat Perbelanjaan

Tempat perbelanjaan memang menjadi sorotan beberapa warganet, karena kita juga tidak bisa tutup mata, hasrat masyarakat akan membeli kebutuhan harian juga tak terbendug, begitupula dengan para pelaku usaha yang sempat mati suri dengan adanya pandemi. Beberapa pusat perbelanjaan tradisional dan modern sendiri juga telah berupaya menekan angka penulara covid-19 dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan.

Kegiatan Belajar Mengajar

Sudah jadi rahasia umum jika kegiatan belajar mengajar beralih ke digital. Beberapa orang tua pun memberikan respond yang beragam soal hal ini. Ketika memasuki fase new normal banyak netizen beranggapan bahwa anak mereka sangat membutuhkan ruang sosialisasi bukan sekedar isolasi, tetapi gak sedikit juga yang beranggapan bahwa kegiatan bersekolah akan meningkatkan resiko penularan terhadap anak-anak.

Transportasi Umum

Aktivitas harian dengan menggunakan sarana transportasi umum memang menjadi vital. Beberapa transportasi umum pun sempat melakukan pembatasan jumlah penumpang dan jam operasional. Memasuki era new normal kebanyakan warganet lebih menyoroti perihal beradaptasi dengan kondisi dan situasi saat ini. Beberapa protokol untuk diri sendiri pun disiapkan, mulai dari membawa helm sendiri jika harus naik ojek online.

Tempat Ibadah

Tempat ibadah cukup mendapatkan perhatian dari warganet. Lumrah, setiap pemeluk agama di tanah air pasti tak terlepas dengan kegiatan beribadah, namun manakala memasuki masa pandemi kegiatan ibadah pun telah dibatasi. Era new normal membawa angin segar dengan menerapkan beberapa protokol kesehatan sebagai wujud dari adaptasi menghadapi babak baru.

Tempat Wisata

Sebelas dua belas dengan pertumbuhan ekonomi sektor pariwisata juga memegang kendal atas roda perekonomian Indonesia. Fase new normal memang diharapkan menjadi harapan baru bagi para pelaku usaha yang terkait dengan para pelancong ini. Warganet pun mulai membicarakan tentang keamanan berwisata hingga adanya langkah antisipasi pergeseran tren pariwisata tanah air yang akan dikembangkan dan dibuatkan protokol kesehatan secara khusus.

Meski terdengar pelik, fase new normal bisa jadi langkah awal untuk menentukan sikap kedisiplinan pemerintah maupun masyarakat sebagai para pelaku yang saling terkait. Ibarat bergulat di medan perang, siasat jitu dan terukur pun menjadi tantangan baru bagi masyarakat.

Cari tahu info selengkapnya seputar isu sosial hingga perilaku masyarakat disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *