Life must go on, ini istilah ‘asing’ yang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Udah jadi rahasia umum kalau aktivitas harian kini mulai berangsur-angsur berjalan seperti sedia kala dengan memasuki era new normal.

Di Indonesia, pemerintah juga udah tegaskan bahwa new normal harus dijalankan dengan protokol kesehatan yang berlaku supaya penyebaran virus covid-19 ini gak semakin luas.

Dashboard MediaWave menangkap percakapan netizen soal 5 barang utama yang kudu mereka bawa guna melindungi diri mereka saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Masker Motif

Ngomongin APD secara keseluruhan mungkin kita juga gak punya gambaran khusus mau di modify jadi apa biar keliatan catchy, tapi kalau ngomongin masker tentu banyak ragamnya.

Masker bermotif selain jadi trend kekinian, juga tentunya membuka ruang usaha bagi masyarakat. Kreativitas dalam membuat design masker yang ciamik ternyata mampu menarik hati netizen karena dinilai unik dan lucu.

Face Shield

Pelindung wajah yang berbentuk seperti kaca helm half-face ini juga kian digandrungi lho. Bukan tanpa alasan, face shield dinilai perlu buat ngehindarin penularan melalui droplet yang tersebar melalui udara bebas, karena virus covid-19 sendiri bisa menular melalui mata.

Barang yang umumnya dibanderol 15 ribuan ini gak menutup kemungkinan juga dalam waktu dekat bisa mempunyai varian yang unik seperti halnya masker. Netizen beranggapan bahwa face shield di era new normal ini menjadi double cover atau double protection pelengkap masker.

Sepeda

Memang sepeda bukan dipake buat nutupin muka (gimana juga caranya), tetapi sepeda menjadi bagian baru dari stater pack anak new normal.

Bersepeda menjadi hobi beberapa netizen ditengah pandemi kemarin hingga saat ini. Selain berguna buat kesehatan, bersepeda juga berguna untuk ngusir rasa jenuh setelah sekian lama dibelenggu PSBB. Pesan kami, jangan dibawa kedalam cafe ya tuh sepeda kecuali kamu bisa lipat dan masukin kedalam tas.

Helm

Selama ini mungkin cuma anak motor dan abang ojol aja yang menjadikan helm bagian dari hidupnya, tetapi memasuki new normal saat ini justru segelintir netizen beranggapan bahwa helm perlu dimiliki secara personal agar gak ketular oleh orang lain.

Hal ini berkenaan langsung dengan maraknya aktivitas masyarakat yang mengandalkan sarana transportasi ojek online. Sepertinya mereka sadar kalau musuh mereka bukan sekedar kutu atau ketombe aja melainkan virus berbahaya.

Alat Makan Pribadi

Kebisaan baru lainnya adalah membawa alat makan pribadi. Pas masih TK atau SD mungkin kita akrab sama yang namanya lunch box beserta sendok garpunya, namun sekarang kayaknya trend tersebut hype lagi. Banyak netizen beranggapan bahwa di new normal ini kita harus ciptain protokol kesehatan untuk diri kita sendiri juga dengan cara membawa alat makan.

Mungkin ini bukan hal yang baru buat masyarakat, secara SJW sudah sejak lama membawa peralatan makan sendiri guna mengurangi sampah plastik.

Ada Hikmah Di Balik Duka

Sedih memang sedih, tapi manusia harus bisa beradaptasi. Starter pack ala new normal ini bisa jadi membawa perubahan yang baik juga buat diri kita masing-masing selain menghindari kejaran covid-19.

Dalam persiapan menuju new normal. warganet menunjukkan kepedulian mereka terhadap protokol kesehatan COVID-19. Warganet juga merasa antusias dan opitimis untuk beraktivitas kembali dengan kebiasaan baru dan berharap melakukan perubahan positif dari kebiasaan sebelumnya, yang tentunya lebih bersih dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *