Pemasaran di media sosial bisa menjadi tugas yang menakutkan. Bisnis kamu perlu menghasilkan konten yang luar biasa, berinteraksi dengan pelanggan, dan mengikuti percakapan tentang merek dan industri kamu, karena semuanya dengan cepat tersebar luas di media sosial.

Seperti platform pemasaran lainnya, menggunakan media sosial secara efektif membutuhkan pelacakan dan analisis metrik yang tepat. Salah satu ukuran ini adalah sentimen sosial.

Apa itu sentimen sosial?

Sentimen sosial, kadang-kadang dikenal sebagai sentimen merek atau brand, adalah cara untuk mengukur emosi di balik media sosial dan penyebutan online lainnya. Sentimen sosial tersebut mencakup:

  • Positif: konsumen antusias, bahagia, atau bersemangat.
  • Negatif: konsumen marah, kesal, atau frustrasi.
  • Netral: konsumen tampak puas tetapi tidak mengungkapkan perasaan tertentu.

Mengapa sentimen sosial itu penting?

Sentimen sosial tidak hanya melihat pada berapa banyak orang berbicara tentang bisnis kamu. Kamu perlu menambah konteks dengan mengukur nada percakapan, komentar, dan sebutan tertentu terkait merk atau industri yang ingin kamu lacak.

Tanpa sentimen, data bisa menyesatkan. Jika perusahaan kamu menerima sejumlah mention dalam jumlah yang cukup besar di media sosial saat meluncurkan produk baru, kamu mungkin menganggap peluncurannya telah berhasil. Namun, jika mayoritas postingan tersebut bernada negatif, maka yang terjadi adalah sebaliknya.

Namun, keberadaan sentimen negatif tidak berarti bahwa suatu produk atau merek menuai kegagalan. Rasio positif ke negatif juga penting. Tidak setiap konsumen akan menyukai bisnis kamu. Bahkan pelanggan setia kamu terkadang akan memberikan tanggapan negatif terkait produk yang tidak mereka sukai atau memiliki pengalaman negatif.

Selama mayoritas pelanggan memiliki perasaan netral terhadap perasaan positif terhadap perusahaan kamu, keseluruhan sentimen sosial kamu akan positif.

Bagaimana mengukur sentimen sosial?

Seperti metrik pemasaran lainnya, kamu tidak dapat menggunakan informasi yang disediakan oleh sentimen sosial tanpa terlebih dahulu mengukur dan menganalisisnya.

Semua bergantung pada ukuran perusahaan kamu, dan jumlah postingan di media sosial yang dimilikinya, mengukur sentimen bisa menjadi pekerjaan besar. Tinjauan komprehensif dapat mencakup membaca setiap postingan dan menetapkan skor numerik berdasarkan nada masing-masing postingan.

Untuk kamu para pelaku bisnis yang sibuk, ada sejumlah alat gratis atau murah yang tersedia untuk mengukur dan melacak sentimen. Sebagian besar platform media sosial menyediakan beberapa analisis sentimen, seperti halnya banyak aplikasi media sosial pihak ketiga seperti dashboard kami di MediaWave.

Tools kami akan membantu kamu mengidentifikasi sentimen berdasarkan kata-kata deskriptif yang digunakan pelanggan atau pengikut sehubungan dengan merek dan industri kamu.

Didukung dengan analis serta tools yang handal kami ingin mengajak kamu untuk mencobanya sendiri secara cuma-cuma. Gak percaya? klik disini untuk cari tahu lebih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *