Kabar dari media sosial memang ada-ada saja, dari yang bikin geleng-geleng kepala sampai yang bikin ngelus dada. Awal pekan di Agustus ini, kabar mengejutkan keluar dari legenda program kuliner Indonesia, Ibu Sisca Soewitomo. Perempuan paruh baya yang menghabiskan puluhan tahun di dapur untuk meracik bumbu dan menyajikan menu masakan yang menggugah selera ini memutuskan untuk gantung panci, setelah melenggang di berbagai stasiun televisi dan mengabadikan ratusan resep di dalam buku.

Adegan Panas Tapi Bukan di Kamar

Tentu saja, kabar ini direspon netizen dengan ragam kecewa dan tentunya apresiasi bagi kontribusi beliau selama ini. Tak pelak, Ibu Sisca menjadi trending di Twitter karena pemberitaan berbagai media yang menyatakan “gantung panci” menjadi akhir dari adegan panas Ibu Sisca dikancah kuliner Indonesia. Dari 2,030 interaksi yang berhasil dihimpun, 40% interaksi netizen mendapat respon cukup besar tentunya yang mengutuk media online menggunakan judul berita yang bertendensi negatif. Padahal, “adegan panas” merupakan metafora dari kegiatan Ibu Sisca yang sehari-harinya dekat dengan kompor.

Terjebak Nostalgia

Bagi netizen yang tumbuh dengan tayangan masak-masak ala Ibu Sisca di salah satu stasiun televisi swasta, kabar gantung panci ini tentu menjadi pukulan hebat. Sebanyak 31% interaksi netizen mengira kini hanya bisa mengenang ramahnya Ibu Sisca dalam meracik setiap bumbu menjadi santapan luar biasa enak, meski cuma bisa melihat kepulan asap dari layar kaca. Tak sedikit pula penggemarnya yang menjadikan Ibu Sisca ini inspirasi dalam kegiatan masak dan meniru resepnya. Ya, kebanyakan kita baru mengingat kembali orang lain ketika ia sudah ingin pergi.

Digocek Campaign

Berselang setelah riuh rendah kabar gantung panci Ibu Sisca Soewitomo, perempuan yang khas dengan rambut sasaknya ini kembali hadir dengan klarifikasi dari balik panci. Dikiranya ia mengurungkan niat pensiun, ternyata sensasi gantung panci itu adalah campaign baru bersama Gofood Indonesia. Tentu ini membuat netizen membuang napas panjang, lega karena idolanya tak jadi pensiun dan tak habis pikir bisa-bisanya tim campaign Gofood Indonesia bikin campaign yang sensasional namun jempolan. 25% interaksi netizen mengenai Ibu Sisca ini didominasi oleh apresiasi strategi campaign yang dibuat. Kalau campaign-nya udah berhasil, boleh kali voucher diskonnya ditambahin?

Resep yang Meresap

Tak dipungkiri, perjalanan panjang Ibu Sisca Soewitomo menjadi juru masak merupakan perjalanan dengan banyak rasa. Dari tayangan hingga tabloid resep mingguan yang dikreasikan darinya, tentu sudah tak terhitung banyaknya piring yang tersaji di atas meja makan dari para penggemar yang ingin belajar masak dari beliau.

Aroma adalah hal yang paling mudah membangkitkan setiap memori hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *