Bukan hal yang baru media sosial menjadi sarana yang dibutuhkan oleh setiap indvidu ataupun korporasi. Sebagai seorang individu kamu atau kita semua dapat membentuk personal branding untuk menjadi seorang influencer agar dapat endorse atau sekedar menggunakannya untuk mengekspresikan diri dengan berbagi foto, video, bahkan curhatan. Lalu bagaimana dengan korporasi? Media sosial bisa dijadikan sebuah alat untuk mempromosikan jasa atau produk atau bahkan berinteraksi dengan audiens kamu. Tapi, bagaimana cara kamu memanfaatkan percakapan di media sosial untuk menemukan formula yang tepat dalam membentuk personal branding atau menjual jasa dan produk usaha kamu?

Social Media Monitoring

Bukan hal yang baru tapi banyak yang masih awam tentang apa fungsi dari social media monitoring. Social media monitoring adalah cara untuk mengetahui percakapan yang ada: otomatisi dengan engine, manual dengan intervensi manusia, atau gabungan keduanya.

Gak sedikit dari para penggunanya memakai tools ini untuk mengukur seberapa jauh brand mereka dibicarakan atau sekedar mengetahui bagaimana pergerakkan kompetitor di media sosial.

Di industri 4.0 yang serba ‘digitalize’ saat ini, para pebisnis mulai menolehkan pandangannya pada social media monitoring karena tidak sedikit dari mereka yang memanfaatkannya untuk mengatasi krisis pencitraan di media sosial. Kamu pasti tidak akan mau dong kalau sebuah isu keburu viral di media sosial tanpa kamu pantau sebelumnya?

Fungsinya secara harafiah dari social media monitoring adalah menulusuri metriks berupa data kuantitatif (berapa banyak jumlah cuitan yang diretweet, berapa banyak konten atau dari Facebook page yang mendapatkan ‘Like’, komentar pada sebuah blog, jumlah post dalam sebuah forum) serta data kualitatif (sentimen percakapan yang terjadi di semua media yang disebutkan di atas, apakah cenderung positif atau negatif atau netral).

Poin penting lainnya adalah social media monitoring ini bisa membantu meningkatkan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Waktu respon yang paling cepat adalah hal yang saat ini dibutuhkan oleh konsumen. Banyak yang masih beranggapan bahwa konsumen di media sosial hanyalah sekedar target penjualan tanpa memikirkan sura mereka di media sosial juga dapat mempengaruhi ‘cuan’ bisnis kamu MW Troops.

Mengetahui lebih dalam peran social media monitoring bagi industri bisnis saat ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *