Laju teknologi yang semakin cepat ternyata membawa dampak perubahan bagi peradaban manusia sekarang. Bagaimana tidak, semuanya dapat dilakukan dalam satu waktu yang bersamaan, mulai dari berbincang di forum, menyelesaikan pekerjaan dan mendapatkan update berita terbaru hanya dalam layar 5 inch atau lebih serta satu sentuhan jari.

Teknologi saat ini digunakan oleh seluruh manusia untuk memudahkan kehidupan. Namun secara tidak sadar, kita telah dibentuk oleh teknologi itu sendiri. Bagaimana tidak, kita selalu menuntut perkembangan teknologi itu sendiri. Agaknya cerita dari komik yang menyatakan bahwa suatu saat nanti robot akan menguasai dunia, salah satunya adalah gawai yang selalu kita pegang.

Media sosial juga membuat penggunanya jadi suka asik sendiri dalam dunia di balik layar gawai. Hal tersebut berdampak terjadinya degradasi komunikasi secara tatap muka. Tuntutan eksistensi menambah parah perspektif pengguna yang melulu mengikuti apa yang dimaui tren. Baik memang untuk mengikuti perkembangan, tapi ini yang akan menjadi gelembung masalah nantinya jika pengguna kehilangan prinsip dan kontrol saat bermedia sosial. Krisis identitas diri, gangguan kecemasan dan overthinking adalah contoh awal dari tidak terkontrolnya peran media sosial saat ini.

Jangan dulu membuat statement bahwa kebebasan bermedia sosial adalah hal yang mutlak. Ketika memutuskan untuk membuat akun di media sosial dan menyelam di dalamnya, ada aturan tak tertulis yang selalu mengintai “feed dan tulisanmu bebas dikomentari”. Ruang publik di media sosial sama halnya dengan peron menunggu kereta dan halte bis. Pengguna harus tetap menaati aturan beretika.

Adanya media sosial baiknya difungsikan sesuai konsep awal yaitu menjadi tempat atau medium untuk semua orang dalam menjalin kontak sosial dengan kerabat terdekat yang kita kenal atau membentuk relasi baru. Hal ini penting dilakukan karena tidak semuanya bisa dilakukan di media sosial, sebagaimana manusia adalah makhluk sosial, bukan makhluk media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *