Panjat tebing merupakan hobi yang biasa dilakukan para pegiat panjat tebing, kalau panjat sosial? Media sosial tentu menjadi wadahnya. Tunggu dulu, jangan terlalu reaktif menanggapi istilah pansos yang sudah banyak tendensi negatifnya.

Kalau tahun 2000-an istilah panjat sosial ini lebih cocok untuk kata cari muka (carmuk). Panjat sosial berarti melakukan aktivitas sosial yang bertujuan untuk menaikan derajat atau menaikan status sosial untuk dipandang orang lain.

Menyebarkan nilai positif bagi sebagian orang agak sulit dilakukan, namun bukan berarti tidak bisa. Apa misalnya?

1. Pamer harta itu norak, lebih baik bikin campaign

Pamer gawai baru, mobil mewah atau pamer saldo rekening adalah hal yang bikin orang muak, mungkin kamu tidak sadar saat melakukannya, namun hal itu berdampak bagi viewers yang malah menilai kamu norak dan ngejulid di kolom komentar kamu. Daripada menaikan sentiment buruk untuk image kamu di media sosial, lebih baik kamu menginisiasi atau ikut satu campaign yang menjadi concern kamu. Misal ikut gerakan Indonesia membaca dengan mengirim buku lewat kantor pos ke perpustakaan daerah atau yang dikelola secara kolektif di daerah.

2. Daripada bikin story seperti jahitan, mending kamu bikin konten yang menumbuhkan kesadaran

Memang benar isi media sosial itu milik kamu, namun akan beda cerita kalau kamu sudah menjadi figure dan diikuti banyak orang. Media sosial bukan lagi milik pribadi. Kamu gak mau kan menyuburkan hate speech pada notifikasi? Kamu bisa menggantinya dengan membuat konten yang bisa bikin orang tersentil dan berpikir “oh ya benar juga apa kata dia”. Ketika itu mendapat banyak respon baik, kamu bisa membuka ruang diskusi dengan followers kamu.

3. Pura-pura pamit itu menjengahkan, lebih baik kamu membagikan konten yang bisa menjadi inspirasi orang lain

Drama-drama media sosial memang gak ada habisnya, daripada kamu cuma ikut-ikutan dan malah jadi boomerang buat eksistensi kamu, ada baiknya mengubah itu. Kamu bisa membuat konten yang berbeda dengan konten kamu yang lama tanpa harus bilang pamit-pamit tapi besoknya upload lagi. Kamu bisa membagikan apa yang kamu sukai secara positif dan menjadi online support system bagi pengikut kamu di media sosial. Kalau kamu senang membaca, kamu bisa membuat ulasan bacaan kamu dan membagikannya. Bagi sebagian orang punya kesulitan untuk memulai sesuatu yang mereka sukai dan membagikannya di media sosial, mungkin dengan cara itu kamu bisa menumbuhkan keberanian mereka dan menjadi pemacu dan penyemangat bagi followersmu.

Pansos memang diperlukan, sesekali khususnya untuk berjejaring namun tolong lah, jangan kelewatan sampai-sampai menjadi benalu pada inang yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *