Apa sih bagian tersulit dari menjalankan media sosial? Memunculkan ide-ide baru.

Pemasar diharapkan menyulap banyak profil media sosial dan tetap memperbaruinya dengan postingan yang baru nan fresh. Itu sulit. Pengikut kamu haus akan konten baru dan kamu pun diharapkan untuk mengirimkannya secara konsisten dan menarik.

Itulah sebabnya brand perlu memiliki beberapa gagasan baru untuk media sosial di otak mereka. Di bawah ini kami telah menjabarkan 5 ide media sosial untuk membantu brand kamu agar tidak monoton di timeline followers kamu.

1. Kolaborasi dengan brand lain

Pemasaran bersama adalah situasi yang saling menguntungkan. Dua merek bergabung dalam kampanye atau konten seperti webinar, ebook, atau bahkan promosi khusus. Setiap brand akan mendapatkan exposure khusus dari audience yang berbeda.

Media sosial adalah platform ideal untuk ide kampanye pemasaran bersama karena sangat mudah untuk kamu menyelaraskannya.

Beberapa waktu lalu, McDonald’s sempat bekerjasama dengan Disney untuk membuat gebrakan menu terbaru yang diklaim memiliki kalori lebih rendah dan menyehatkan.

Kampanye ini dilakukan demi merubah stigma tentang makanan cepat saji yang tidak baik bagi kesehatan terutama pada anak-anak. Bicara soal anak-anak, McD sepertinya tahu persis bahwa Disney lah juaranya.

2. Siaran langsung

Gak cuma sepakbola atau upacara 17 aja yang live guys. Dengan adanya platform media sosial, sekarang kamu atau brand kamu juga bisa tampil live untuk sekedar memberi tahu kepada publik tentang peluncuran produk baru, diskusi terbuka, dan lain sebagainya.

Salah satu brand game ternama, Minecraft beberapa waktu lalu tampil live di Youtube sebagai bentuk apresiasi terhadap para penggemarnya diseluruh dunia.

Minecraft menampilkan segala bentuk pencapaian mereka selama ini sambil membahas fitur apa aja sih yang baru dan seru dari mereka. Cara seperti ini terbilang efektif, terlebih bagi brand yang memiliki basis komunitas cukup besar.

3. Manfaatkan tren

Tidak ada hal yang sebetulnya anti-mainstream. Betul? Gak ada salahnya bagi brand kamu untuk mengikuti tren apa sih yang terjadi di media sosial dan mendomplengnya. Bisa tagar, bisa juga topik isunya. Apapun itu demi konten yang fresh dan kekinian.

Bukalapak beberapa waktu lalu ikut meramaikan jagat media sosial dan televisi dengan mengangkat tren tik-tok yang sedang hype lagi belakangan ini. Mereka menyajikan ide yang fresh dengan memanfaatkan tren konten yang sedang mendapatkan exposure oleh netizen.

4. Pamerkan prestasi

Bagi setiap brand, prestasi merupakan kebanggan tersendiri. Artinya, kiprah brand tersebut mendapatkan atensi dan apresiasi.

Lalu apa manfaatnya bagi followers? well, hal ini bisa membangun kepercayaan brand kamu terhadap followers kamu, sekaligus menunjukan kepada mereka bahwa dukungan mereka tidak sia-sia.

5. Kisah di balik layar

Yang terakhir mungkin gak baru-baru banget, yaitu behind the scene. Brand kamu bisa mencoba menampilkan momen-momen seru saat menggarap sebuah campaign atau saat meluncurkan produk terbaru. Percaya atau gak, audiens kamu tentu akan kegirangan untuk dapat masuk lebih dalam tentang brand kamu.

Beberapa waktu lalu, Adidas yang menjadi sponsor apparel klub asal Inggris, Manchester United memposting video behind the scene peluncuran sepatu bola terbaru mereka.

Adidas pun menggaet salah seorang pemain Manchester United sebagai influencernya yang udah pasti digandrungi para fans fanatik mereka.

Campaign seperti ini bisa membuat audiens kamu lebih aware tentang produk knowledge dan bahkan bisa meningkatkan penjualan produk kamu lho. So, why not?

Apa beberapa ide media sosial kreatif lain yang kamu mungkin kamu pernah lihat? Apakah kamu memperhatikan ketika brand tersebut mencoba sesuatu yang tidak biasa? Beri tahu kami dengan komentar kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *