Social media monitoring adalah alat yang dibutuhkan bisnis kamu untuk mengikuti waktu dan kemajuan dalam lanskap media saat ini. Solusi ini memungkinkan kamu untuk mengumpulkan statistik dan laporan tentang persepsi konsumen tentang merek atau bisnis kamud di media sosial yang memungkinkan kamu untuk melihat di mana kamu mungkin perlu membuat strategi pemasaran yang baru.

Tahukah kamu, peristiwa apapun di dunia saat ini tidak hanya berpengaruh pada perekonomian, tetapi juga memberikan tekanan yang sangat besar pada cara sebuah brand menjalankan operasional bisnis sehari-hari. Kalau kamu tidak cukup tanggap akan sebuah isu, bisa jadi kegagalan yang menimpamu.

Perusahaan yang sebelumnya tidak menggunakan layanan social media monitoring mungkin menyadari bahwa mereka sekarang membutuhkan layanan ini untuk bangkit kembali. Kamu perlu melakukan apa yang kamu bisa untuk memastikan bahwa brand kamu dapat bertahan dari waktu ke waktu atau setidaknya tetap bertahan.


Inilah alasan mengapa kamu membutuhkan layanan social media monitoring segera:

Social media monitoring tools memungkinkan kamu untuk mengevaluasi pesaing

Dengan laporan analisis yang merinci bagaimana kinerja brand kamu dibandingkan dengan pesaing. Nah, dengan social media monitoring, bisnis kamu pasti bisa melakukannya dengan mudah.

Peta permainan telah berubah pada tahun 2020; beberapa pesaing kamu telah jatuh, beberapa telah mengalihkan minat bisnis mereka dan kemudian bermunculan pula para unicorn baru yang masuk di industri yang kamu geluti. Lihat mengapa bisnis kamu membutuhkan laporan yang jitu dan akurat dalam menganalisa pesaing. Dengan semua pemain dalam industri ini, kamu harus terus memantau sepak terjang mereka di media sosial dengan seksama.

Dengan laporan pembanding (benchmark), kamu dapat mengidentifikasi celah di pasar tempat brand kamu diperdagangkan serta memanfaatkan peluang yang tersedia bagi kamu yang mungkin terlewatkan oleh brand lain. Misalnya, kamu dapat melihat tempat pesaing kamu tidak mengiklankan brand mereka, yang berarti kamu dapat terjun di dalamnya dan mencoba menangkap audiens yang belum terjamah kompetitor.

Social media monitoring memungkinkan kamu menemukan bagaimana konsumen memandang bisnis kamu

Sangat penting untuk memahami bagaimana konsumen melihat dan menghargai brand kamu, karena hal itu memberi kamu wawasan yang kamu butuhkan untuk meningkatkan strategi atau terus melakukan apa yang kamu sudah lakukan dan berhasil.

Kamu mungkin sudah memikirkan sebuah campaign untuk brand kamu, tapi tahukah kamu bahwa kamu bisa saja gagal atau buruknya mengalami sebuah krisis dari campaign yang telah dilempar ke publik?

Penyedia layanan social media monitoring seperti MediaWave, menawarkan solusi seputar pemantauan campaign brand kamu, analisis media dan pelacakan campaign dari brand kamu. Dalam hal ini, kamu tidak akan kehilangan kompas ditengah lautan media digital.

Untuk memahami persepsi konsumen, kamu perlu terus mendapat informasi tentang aktivitas brand kamu di media untuk mengetahui apa yang dikatakan audiens tentang brand kamu.

Social media monitoring membantu kamu meningkatkan strategi PR

Dalam dunia PR, kamu tentu perlu untuk mengukur keberhasilan campaign kamu di media cetak, online, dan sebagainya jangan sampai badai krisis reputasi terjadi.

Layanan social media monitoring pada dasarnya memberi para profesional PR dengan insight yang dapat ditindaklanjuti yang dapat membantu mereka menghadapi krisis saat masih dalam tahap awal. Namun, solusi ini tidak hanya terbatas pada krisis tetapi juga data output yang dapat membantu mengembangkan strategi komunikasi kamu. Hal ini dilakukan dengan rasa aman kepada setiap usahawan untuk memahami kebutuhan dari audiens kamu dan tentunya menentukan langkah lanjutan untuk bisa mengkomunikasikan sebuah masalah dengan langkah yang tepat.

Beberapa dekade yang lalu, seorang profesional PR harus menunggu berita dari surat kabar dan platform penyiaran; tetapi, dengan informasi yang dibagikan di media sosial secara terus menerus oleh pengguna, ke depannya, kamu perlu mempertimbangkan untuk memantau semua pergerakan audiens kamu dan brand kamu yang dapat memberikan insight setiap saat.

Social media monitoring tools menawarkan insight yang dapat membantu mengelola reputasi brand kamu secara efektif. Apa yang kamu pikirkan? Haruskah semua bisnis menggunakan layanan ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *