Hari-hari besar acapkali dijadikan peluang brand untuk mendulang engagement di media sosial, tak terkecuali saat momen Hari Kemerdekaan. Selain untuk ikut meramaikan momentum yang datangnya cuma setahun sekali, para brand ini juga turut menciptakan momen yang berkesan bagi para pelanggannya.

Bertepatan dengan peringatan HUT Ke-75 RI, Mediawave berhasil memantau aktivitas konten dari para brand di media sosial Instagram yang berhasil mendapatkan engagement lumayan besar. Tentu banyak brand yang melakukan aktivasi hingga campaign kolaborasi untuk menarik atensi publik, terlebih kita masih dilanda pandemi yang memaksa kita untuk tidak melakukan aktivitas yang melibatkan banyak orang. Menyiasati hal ini, para brand menjawab keterbatasan ini  dengan solutif tentunya.

Giveaway Andalanku

Lomba dan hadiah memang identik dengan konsep 17-an yang ada di angan-angan masyarakat, Telkomsel hadir untuk memenuhi dahaga para “giveaway hunter” untuk adu cepat memenangkan hadiah jutaan rupiah dengan cara yang sangat sederhana. Total engagement dari konten giveaway yang diadakan Telkomsel mendapatkan 38,301 engagement. Strategi giveaway yang tidak melulu ribet ini jelas mendapatkan atensi publik yang tertarik ikut ambil bagian dari aktivasi ini.

Lomba online, Why not?

Ada-ada saja memang strategi marketing dari jawara ayam goreng di Indonesia, siapa lagi kalau bukan KFC. Tidak hanya ingin responsif dengan audiens, momen 17-an dimanfaatkan KFC untuk menciptakan lomba tarik tambang secara online yang diikuti oleh para penggemar ayam goreng Colonel Sanders ini. Tidak masuk akal bukan? Tapi jelas, engagement sebesar 9.121 dari audiens dan hadiah yang sangat menarik sudah cukup untuk membantah ketidakmungkinan itu.

Saling Dukung ala Wardah

Lain konsep dengan brand lain yang melulu lomba dan hadiah, Wardah memberikan ruang bagi para perempuan untuk saling mendukung, tanpa melihat status sosial dan latar belakang profesi. Hingga konten inspiratif ini mengaget engagement sebesar 5,657. Wardah ada benarnya juga, tidak melulu kemerdekaan diisi dengan hal-hal yang kompetitif, jika saling mendukung kita bisa jadi seiring. Pesan ini tentu tersirat, hanya rekaan penulis saja, namun tetap tidak menghilangkan esensi kemerdekaan.

Berpacu dalam Nostalgia

Hal yang paling menyenangkan adalah mengulas kembali kenangan dibanding menghadapi kenyataan yang rumit. Dari sebuah konten dapat lahir kenangan-kenangan itu. Industri perbankan ternyata juga turut meramaikan suasana kemerdekaan yang lekat dengan lomba-lomba rakyat, kehebohan dan tentu saja aksesoris pelengkapnya. Bank Central Asia (BCA) menghadirkan konten bernuansa khas kemerdekaan yang sering kita jumpai di tiap-tiap kelurahan. Walhasil, konten ini disambut baik oleh para audiens yang rindu menonton lomba dari pinggir lapangan, karena pandemi merusak segala angan yang ada. Engagement konten video bertajuk kemeriahan Hari Kemerdekaan ini mendapatkan kesan sebanyak 1,426 engagement dari audiensnya.

Kolaborasi Apik

Anak-anak muda di hari ini ialah yang hidup berdampingan dengan nostalgia era 90-an hingga 2000-an awal, yang juga pernah jadi peserta lomba 17-an di RT setempat. Alfamart terbilang jago mencari celah, dengan kolaborasi bersama Tasya Kamila yang lekat dengan kehidupan kanak-kanak dan senyum renyah khas “Anak Gembala” ini, Alfamart melakukan campaign lewat #MerdekakanSenyum bersama Tasya dalam menyambut Hari Kemerdekaan ini. Konten kolaborasi ini tentu menarik minat audiensnya sebesar 1,628 engagement.

Bagaimanapun situasinya, masyarakat Indonesia jelas tidak bisa begitu saja melupakan tradisi-tradisi 17-an meskipun saat ini tidak dapat dilakukan dengan semestinya. Dari jawara-jawara konten di atas kita dapat menarik satu kesimpulan, kompetisi adalah bagian dari momen Agustusan khas Indonesia.

Namun, memperingati proklamasi kemerdekaan juga tetap dapat dirayakan meskipun bukan dengan lomba-lomba. Pandemi ini bikin kita semua putar otak, bagaimana mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang baik dan tetap mendukung satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *