Bank vs Fintech, Adu Pamor di Media Sosial

Era disrupsi 4.0 dikenal dengan era yang serba digital dan tren teknologi digital pada era ini menunjukkan perkembangan begitu pesat dengan merambah ke beberapa bidang seperti industri, pendidikan, dan salah satunya ekonomi yang disebut finansial Technology (Fintech).

Untuk melihat respon nasabah terhadap tren tersebut, Dashboard Mediawave menemukan beragam percakapan yang terpapar di linimasa Twitter mengenai produk finansial dari Fintech dan Bank konvensional. Apakah kedua sektor tersebut memiliki keunggulan masing-masing? Apakah produk finansial Bank masih diminati oleh nasabah atau malah beralih ke Fintech?

Fintech yang jadi buah bibir

Industri financial technology (fintech) berkembang di Indonesia, baik dari fintech payment maupun lending. Hal ini tercermin dari penyaluran pinjaman fintech lending tembus Rp 33,2 triliun per Mei 2019, sementara transaksi fintechpayment Rp 47,1 triliun di 2018.

Pada periode Agustus-Oktober 2019, dashboard Mediawave mengumpulkan percakapan organik user di Twitter yang me-mention produk finansial Bank sebanyak 22.627. Sedangkan, mention user terhadap produk finansial Fintech yaitu sebanyak 12.277.

Bank dianggap lebih aman

Dari keempat produk finansial, produk payment paling banyak dibicarakan oleh user. Tak heran, mengingat aktivitas payment atau pembayaran sudah menjadi bagian dari keseharian user dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Tampaknya faktor keamanan masih menjadi pertimbangan utama user dalam aktivitas finansial yang melibatkan pengiriman atau penyimpanan uang dalam jumlah yang besar, sehingga banking yang sudah hadir lebih lama dibanding fintech masih menjadi pilihan utama. Meski demikian tidak menutup kemungkinan jumlah mention user terhadap produk fund transfer fintech akan terus meningkat seiring dengan mulai adanya inovasi fintech yang menawarkan fitur tanpa pemotongan biaya admin dalam melakukan pentrasferan.

Kira-kira, kamu mulai beralih ke fintech atau tetap menggunakan jasa bank konvensional nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close