Daripada ribut-ribut soal kelas-kelas generasi, baiknya kita lihat peluang di era digital saat ini. Lagi ramai soal pekerjaan apa yang membuatmu cepat kaya? Ya tidak ada. semuanya bisa kaya dengan metodenya masing-masing. Tapi, berkembangnya teknologi informasi saat ini memunculkan banyak pundi-pundi rupiah baru untuk siapa saja yang pintar melihat celah.

Food Vlogger Ilustration

Influencers

Jangan salahkan remaja tanggung kalau ditanya cita-cita di masa depannya mau jadi influencers, karena mereka sudah terpapar dan melek teknologi sejak dini. Mereka berkaca dari apa yang mereka lihat di media sosial, seperti selebgram yang mudah banget dapet barang gratisan tapi juga dibayar, atau sesederhana makan banyak dan di-upload di YouTube kemudian dapat ‘gaji’ dari adsense.

Podcasters

Kalau dulu ada sapaan kawula muda jika kita mendengarkan channel radio favorit, kini juga ada dalam bentuk Podcast yang kalau kita dengar gak butuh earphone lagi untuk nyambungin siaran ke telinga. Nah, untuk kawula muda yang suka ngobrol, podcast memfasilitasi ruang itu. Podcasters gak harus ikut kelas broadcast atau melamar jadi penyiar radio, cukup punya channel dan usaha untuk memviralkan channel, kamu sudah bisa menjadi penyiar ala-ala di podcast. Feel free to talk about anything you want and share your point of view tentang apapun.

Pedagang Online

Apresiasilah siapapun yang mau mencoba bisnis di media sosial, karena inilah yang sebenarnya menggerakan ekonomi domestik. Jika dulu kita harus buka toko di pinggir jalan supaya banyak orang yang tertarik lihat produk, sekarang cukup engage influencers dan voìla, dagangan laris manis terjual.

Content Writer Ilustration

Content Writer

Siapa bilang jadi penulis itu rejekinya susah? Beberapa brand membutuhkan content writer untuk memasarkan produk mereka lewat sosial media. Di sinilah kotak pandora itu terbuka, untuk yang suka menulis dan punya ide-ide liar bisa mencoba Content Writer menjadi profesimu. Kamu yang ngerasa ‘suka nulis’ bisa menjadikan hobimu sebagai pekerjaan. Ada istilah jadikanlah hobimu sebagai pekerjaanmu, maka kamu tidak perlu bekerja seumur hidup, ternyata benar adanya.

Tidak melulu internet dan media sosial membawa dampak buruk bagi peradaban manusia, justru saat ini banyak jenis pekerjaan baru yang dulu bahkan gak kepikiran buat dijadiin profesi. Tidak harus jadi PNS, dokter ataupun insinyur untuk punya banyak uang seperti yang orang tua kita bilang. Semua ada peluangnya, pinter-pinter kamu aja ngeliatnya gimana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close