Apa Analisis Kompetitif dan Mengapa Penting?

Analisis kompetitif adalah pengumpulan dan analisis informasi dan intelijen pesaing tentang perilaku bisnis, pelanggan, dan lainnya.

Ini sudah lama menjadi andalan praktik bisnis, dan penting untuk kesuksesan bisnis kamu yang terjun di belantara digital. Tetapi dengan munculnya media sosial dan analisis web, cara kamu melakukan laporan analisis kompetitif telah berubah.

Saat ini kamu harus melihat lebih banyak sumber informasi daripada yang kamu miliki di masa lalu. Sisi baiknya, ini juga berarti bahwa informasi yang kamu dapat kumpulkan di perusahaan kompetitor telah berkembang secara dramatis dan memungkinkan kamu untuk membangun profil yang sangat rinci tentang siapa pesaing kamu, di mana kelemahan mereka, dan bagaimana kamu dapat mengeksploitasi mereka.

Ingat bahwa analisis kompetitif bukan semacam spionase. Kamu tidak perlu mengacak-acak laci siapa pun atau mengumpulkan informasi yang kamu butuhkan. Ada banyak sekali data berharga dan tersedia untuk umum yang dapat kamu manfaatkan dengan alat dan panduan yang tepat salah satunya adalah dengan menggunakan Social Media Monitoring/Listening Tools.

Hal penting lain yang perlu diingat ketika merencanakan untuk melakukan analisis kompetitif media sosial adalah bahwa kamu tidak boleh hanya memikirkan pesaing langsung kamu. Untuk benar-benar mendapatkan keunggulan, kamu harus memperluas penelitian dan membandingkan kinerja kamu dengan industri dan wilayah kamu secara menyeluruh dan komprehensif.

Manfaat Analisis Kompetitif

Manfaat melakukan analisis kompetitif media sosial yang komprehensif sangat mengesankan. Dari mengidentifikasi perusahaan pesaing dan menyempurnakan strategi kamu, hingga membandingkan kinerja kamu. Analisis pesaing media sosial akan menyentuh setiap aspek kinerja bisnis kamu dan potensi keberhasilan.

Dengan menjalankan analisis kompetitif media sosial, kamu akan dapat membandingkan dan membedakan aspek-aspek kunci dari strategi pesaing kamu dan mengukur seberapa baik kinerja strategi kamu sendiri di setiap platform media sosial yang berbeda.

Gunakan Social Media Monitoring

Banyak perusahaan meremehkan pentingnya intelijen persaingan media sosial, tetapi dengan strategi pengumpulan data yang jelas dan berkelanjutan, informasi yang kamu miliki di ujung jari kamu sangat berharga dan tak ternilai.

Social Media Monitoring tools membantu kamu memahami mengapa, di mana, dan bagaimana percakapan seputar perusahaan kamu terjadi, dan apa yang dipikirkan orang — tidak hanya ketika mereka menandai atau menyebut perusahaan kamu.

Alat ini membantu kamu membentuk program kampanye di masa depan, meningkatkan strategi konten dan pengiriman pesan, melampaui pesaing kamu, membangun program influencer yang efektif, dan bahkan membangun kemitraan yang lebih berdampak.

Kami di MediaWave membuat kamu tidak perlu berpikir keras untuk memetakan kelemahan kompetitor kamu dan bagaimana cara untuk mengumpulkan data untuk memperkuat citra perusahaan kamu di media sosial.

Dengan fitur Clustering yang kami miliki, kamu akan dengan mudah melacak setiap keyword atau tagar yang relevan dengan tujuan kamu. Mulailah berhenti menerka dan berjalan tanpa arah, dan cobalah mencari lebih dalam kekuatan perusahaan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close