Boolean Search: Cara Efektif Memantau Brand Kamu Di Media Sosial

Jika kamu sudah pernah menggunakan tools social media monitoring, tentu kamu memiliki pengalaman bagaimana sulitnya untuk mendapatkan data yang relevan dan speesifik. Gak jarang kamu akan menemukan banyak keywords yang gak relevan dengan brand kamu (noise), atau bahkan gak mendapatkan apapun sama sekali. Disinilah Boolean Search berperan sangat penting.

Definisi Boolean Search

Tahu gak sih kalau kamu mesin pencarian seperti Google menggunakan Boolean Search? Sehingga memudahkan kamu yang hobi googling menemukan apa yang kamu cari lebih mudah dan spesifik.

Secara umum Boolean Search adalah pencarian yang menggabungkan beberapa operator, yang saat ini banyak digunakan oleh banyak search engine seperti Google, Bing dan Yahoo ataupun banyak aplikasi lain yang memiliki fitur search.

Boolean Search menggunakan logika Boolean untuk mencari kata atau frasa tertentu melalui sejumlah data yang cukup besar. Karenanya, kamu bisa membatasi atau memperluas pencarian atas brand kamu.

Mengetahui lebih detil

Kamu dapat mengatur kata-kata apa saja yang seharusnya tidak termasuk dalam pencarian kamu. Opsi ini berguna ketika kamu melacak penyebutan suatu merek (atau kata kunci lain) yang merupakan kata umum (atau ambigu).

Ada banyak kata kunci yang mungkin digunakan klien saat mencari secara online. Oleh Karena itu, kamu pasti ingin dapat menggunakan semua istilah yang mungkin terkait dengan brand kamu untuk memastikan tidak ada 1 pembicaraan pun yang tidak kamu ketahui.

Beberapa operator Boolean yang biasa digunakan

Dengan menggunakan operator Pencarian Boolean, kamu dapat menggabungkan beberapa kata kunci untuk pencarian yang lebih spesifik. Di MediaWave, operator memungkinkan kamu untuk membatasi atau memperluas pencarian secara efektif. Jadi, siapa saja operator pencarian Boolean yang dapat kamu gunakan dalam pencarian?

AND

Berfungsi untuk mempersempit pencarian kamu dari kata kunci atau kelompok kata kunci dalam satu postingan, sehingga query seperti “MyGoodBrand” AND “parah”, akan mendapatkan hasil dimana kedua kata tersebut akan berada di dalam satu postingan.

OR

OR akan memperluas pencarian kamu, untuk mendapatkan setiap kata kunci atau kelompok kata kunci yang disebutkan. Cara ini tepat digunakan untuk kemungkinan adanya typo, kesalahan ejaan, atau sebutan populer/alternatif dari brand kamu, atau mungkin kita bisa berkreasasi dengan memonitor kompetitor, sehingga kata kunci (“MyGoodBrand” OR “MyDearCompetior”) AND (gagal OR “ga bisa”) akan menghasilkan:

NOT

NOT akan menghilangkan semua kata kunci atau kelompok kata kunci yang tidak ingin kamu tampilkan di dalam hasil pencarian, sehingga (“PARAH” AND “ATM”) NOT (“MyGoodBrand” OR “MyDearCompetitor”) akan menghasilkan:

Di sinilah social media monitoring tools ikut berperan. Kamu dapat menggunakan alat seperti ini untuk secara otomatis mengumpulkan semua data ini untuk kamu setiap hari, menganalisanya, dan memberikan kamu wawasan yang bermanfaat yang dapat sangat membantu pengembangan brand kamu.

Sekarang giliran kamu untuk mencobanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close