Media Sosial Sebagai Alat Riset Pasar

Semakin tingginya tingkat konsumtif, meningkatnya minat dalam berbagi konten di media sosial, dan terlibat dengan beberapa brand online, saluran digital menjadi sumber penting untuk mengetahui persepsi para konsumen. Brand yang terjun di belantara dunia maya harus mulai memperhatikan beberapa sumber untuk dijadikan bahan analisa. Diantaranya;

  • Perilaku situs web
  • Pola pencarian web
  • CRMs dan database
  • Percakapan media sosial
  • Forum, blog, dan ulasan online

Sumber-sumber tersebut sering memiliki dua keunggulan berbeda dibandingkan teknik tradisional: mereka dapat dilakukan dalam skala global, dan informasi tersedia secara instan dan real time.

Media sosial menjadi sumber informasi brand terhadap konsumen

Kini media sosial menjadi bagian integral kehidupan masyarakat khususnya generasi millenial. Gak sedikit diantara mereka menjadikan media sosial sebagai alat pencari informasi, berkeluh kesah atau sekedar membunuh waktu luang dikala suntuk.

Beberapa faktor yang menyebabkan media sosial sangat digandrungi diantaranya:

  • Untuk berkomunikasi – untuk bersenang-senang, untuk jaringan profesional, dan seringkali sebagai cara utama untuk menjangkau orang.
  • Untuk belajar – jejaring sosial adalah sumber berita penting. Mereka juga mesin telusur, pustaka konten, dan tempat pertama berbagi ide-ide baru.
  • Untuk mengetahui tren – media sosial adalah sumber inspirasi nomor 1 bagi konsumen – yang dinilai oleh konsumen sendiri.
  • Untuk membeli – pembeli menemukan produk dan penawaran baru di jejaring sosial dan tidak jarang juga melayangkan pertanyaan dan complain terhadap brand.

Bagaimana cara mengetahui persepsi konsumen?

Menemukan persepsi pelanggan dari brand kamu di media sosial sebenarnya cukup mudah. Mungkin perlu waktu untuk mengeksplorasi semuanya sepenuhnya, tetapi datanya tersedia dan tidak sulit untuk diinterpretasikan.

Mari kita mulai dengan sebuah alat yang benar-benar kamu butuhkan yaitu social media listening tools kemudian kita akan mendapatkan persepsi konsumen yang harus kamu cari.

Sebenarnya gak ada jalan lain kalau kamu menginginkan data dan analisa media sosial yang baik, kamu memerlukan alat yang bagus. Gak mungkin dong kamu pantau percakapan semua brand kamu secara manual seharian secara real time?

Social media listening tools bakal membantu kamu, sehingga kamu dapat fokus pada bisnis kamu tanpa perlu ketakutan jika terjadi management crisis yang diakibatkan oleh isu yang kurang sedap.

Ada empat pertanyaan kunci untuk kamu tanyakan sebelum menggunakan social media listening tools.

  • Apakah itu mencakup semua platform sosial yang saya perlukan?
  • Apakah ini secara real time, atau apakah saya harus menunggu untuk mendapatkan hasil?
  • Dapatkah saya mempersempit keywords pencarian saya dan menerapkan filter, atau akankah saya memiliki banyak informasi?
  • Apakah kamu akan mendapatkan report?

Tentunya, kamu akan memiliki kriteria yang berbeda berdasarkan tujuan perusahaan dan brand kamu. Tetapi jika kamu mendapatkan semua jawaban positif untuk keempat pertanyaan diatas, berarti kamu sudah memiliki tools yang oke punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close