Memanjakan Pelanggan Di Media Sosial

Kehadiran media sosial emang patut disykuri di era digital. Sekarang pelanggan memiliki pilihan saluran lebih banyak untuk menyampaikan aspirasinya. Bahkan, kita sering melihat banyak banget orang yang complain lewat media sosial, baik itu di Twitter, Facebook dan Instagram.

Di zaman dulu saat digital masih sekedar internet aja, ketika pelanggan mau berdiskusi tentang suatu produk atau layanan, mereka harus telepon call center dan masalah mereka akan diselesaikan secara pribadi aja.

Sekarang, semua keluhan dari pelanggan di media sosial bisa berpengaruh dan memberi efek yang lebih besar pada reputasi brand kamu, jika admin medsos kamu gak segera memberi jawaban dan solusi pada pelanggan.

Tenang, kekurangan-kekurangan yang terjadi pada metode customer service yang jadul bisa tertutupi dengan sempurna. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa sosial media dapat kamu gunakan sebagai sarana perwakilan customer service yang baik.

Fast response

Saat ada audiens ataupun pelanggan mention akun dari brand kamu dengan mengluhkan jasa atau produk di medsos, admin kamu bakal lebih cepat tahu dan tanggap untuk menjawabnya.

Interaksi lebih personal

Memanusiakan manusia. Itulah istilah tepatnya untuk gambarin bagaimana pelanggan kamu ingin mendapatkan respon dari customer servce.

Pelanggan mau berbicara kepada sebuah brand tentang berbagai macam keluhannya ataupun pujiannya kapan pun. Hal ini menjadi penting kita kamu hanya berfokus dengan menanggapi keluhan seperti robot tanpa mempedulikan hubungan mutualisme.

Percakapan lebih transparan

Percakapan yang menjadi jejak digital di media sosial bisa dilihat oleh publik. Hal ini membuat pelanggan yang mengirimkan keluhan jadi lebih merasa didukung karena keluhannya dilihat oleh publik.

Brand kamu juga bisa membuat potensial klien kepincut dengan memberikan respon yang cepat dan ramah, dengan begitu respon publik ke brand kamu pun pasti ikutan baik.

Ajang unjuk gigi

Kalau brand kamu sering di mention orang di media sosial, sering diomongin juga, mungkin udah saatnya bagi brand kamu untuk tampil memberikan pencitraan sebai-baiknya.

Dengan banyaknya yang membicarakan brand kamu, kamu bisa menyelipkan link web kamu atau akun instagaram brand kamu untuk menaikan brand awareness dan juga web visitor. Dengan begitu, banyak yang makin tahu identitas brand kamu.

Penggunaan medsos untuk customer service emang cukup penting guna menjaga komunikasi yang baik antara brand kamu dan pelanggan. Kuncinya adalah penanganan yang professional dan kecepatan respon terhadap keluhan. Kalau diaplikasikan dengan baik, respon pelanggan kamu pun bakal semakin postifi dan gak menutup kemungkinan kalau brand kamu bisa lebih terkenal dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close