Sanggup buat brand menjadi obrolan banyak orang alias viral adalah impian setiap pengusaha. Karena, semakin terkenal merek maka semakin besar pula keuntungan yang masuk tentunya.

Belakangan ini, pemasar memiliki tujuan untuk menyebarkan berita tentang merek usaha mereka kepada khalayak luas, dan mereka sering banget mencoba membuat konten mereka menjadi viral.

Viral marketing adalah teknik, yang digunakan pemasar dengan sengaja untuk menyebarkan pesan mereka dengan cepat. Sama seperti virus biologis, kampanye pemasaran viral menyebar dari satu orang ke orang lain, dengan harapan mendongkrak popularitas, menjulangkan harga saham, dan yang pasti mendulang laba.

Kampanye pemasaran viral harus dapat memanfaatkan emosi para pengguna media sosial, terutama yang positif seperti kesukaan dan kekaguman.

Faktanya adalah, sangat sedikit orang yang tahu apa yang membuat kampanye pemasaran viral berhasil sampai mulai menyebar. Namun, ada beberapa merek, yang telah memahami apa yang membuat audiensnya tertarik. Berikut adalah beberapa contohnya

Hujan uang di Jakarta

Masih ingat gak tahun 2018 lalu sempat heboh ada hujan uang di bilangan Jakarta Selatan?

Usut punya usut, ternyata itu adalah bagian dari kampanye viral sebuah brand aplikasi, yaitu 17 Live.

Country Manager Indonesia 17 Media Andryan Gouw, pemilik aplikasi 17 Live, mengakui aksi hujan duit tersebut merupakan ajang promosi dari salah satu program aplikasi tersebut.

“Pesan yang ingin kami sampaikan di sana adalah pesan yang ada pada billboard, yaitu program kami 17Q, kuis live pertama di Indonesia yang setiap harinya memberikan jutaan rupiah,” ujarnya kepada Tempo, Kamis, 1 Maret 2018 silam.

Spider-Man ngopi di Starbucks

Nyebrang jauh ke Hollywood. Salah satu superhero yang paling famous di dunia, Spider-Man, pernah bikin kaget para pengunjung di salah satu gerai Starbucks yang ada di New York.

Bukan sekedar iseng, Marvel dan Sony Pictures yang menjadi empunya si muka jaring ini emang bertujuan untuk mempromosikan film Spider-Man Homecoming yang tayang 2017 lalu.

Karena aksinya menjadi viral, video ini pun tersebar luas di dunia maya. Sony Pictures sendiri mencoba mengambil unsur prank dan public experience di kegiatan campaign ini, karena prank memang related banget sama anak muda di US sana dan tentunya di tanah air sendiri.

Final note

Dengan meningkatkan pemaparan merek kamu, kamu memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan perhatian.

Perlu diingat, kamu harus tetap memperhatikan kontennya sehingga orang lain bisa membagikannya dan menjadikannya populer. Kamu perlu menciptakan sesuatu yang menarik perhatian yang akan berpotensi menjadi viral.