Influencer marketing memiliki pengertian sebagai sebuah bentuk kolaborasi atau bahasa kerennya collabs. Suatu bisnis berkolaborasi dengan orang yang berpengaruh untuk mempromosikan sesuatu. Itu bisa berupa produk, layanan, atau kampanye tertentu.

Dukungan selebriti adalah bentuk asli dari pemasaran influencer, tetapi di dunia digital saat ini, para pembuat konten dengan followers tertentu seringkali sanggup menawarkan nilai lebih kepada brand daripada selebriti. Orang-orang populer di media sosial ini memiliki aura yang mampu melibatkan followers mereka di media sosial meski mereka bukan aktor atau aktris.

Masih gak yakin influencer marketing dapat menghasilkan hasil bisnis yang nyata? Sebuah survei menemukan bahwa 34% pengguna Instagram di Amerika Serikat setiap harinya mampu membeli sesuatu karena blogger atau influencer merekomendasikannya.

Instagram dan youtube adalah platform pilihan untuk influencer sosial. 89% pemasar mengidentifikasinya sebagai salah satu saluran terpenting untuk pemasaran influencer. Gak heran juga kalo makin banyak celebgram dan youtuber di tanah air.

Apa itu social media influencer?

Social media Influencer adalah seseorang yang menggunakan pengaruh mereka melalui media sosial. Dalam prakteknya para influencer ini berfungsi untuk merubah persepsi dan meningkatkan minat para followersnya untuk membeli produk tertentu.

Influencer yang tepat dapat menjangkau audiens target kamu, membangun kepercayaan, dan mendorong keterlibatan followersnya. Mereka membuat konten yang orisini dan menarik.

Influencer bisa punya jutaan jemaah di media sosial, contohnya Kendall Jenner yang memiliki 108 juta followers di Instagram dan konsisten dapetin like dan komen setiap kali dia posting.

Tapi perlu diingat, kalau gak semua influencer harus seorang selebriti papan atas lho! Bisa aja blogger, vlogger, atau instruktur senam sekalipun.

Anya Geraldine (Angelic Demon)

Muda, cantik, famous. Yes! Anya Geraldine belakangan ini memang menjadi salah seorang celebgram paling dicari karena selain memiliki banyak followers, Anya ternyata juga memiliki engagement rate yang cukup baik.

Atta Halilintar

Istilah ASHIAAAAP yang belakangan santer diucapkan oleh pemuda dan pemudi tanah air dari Sabang sampai Merauke adalah jargon dari Atta Halilintar. Energic dan nyentrik yang menjadi khasnya Atta mampu menghipnotis para warganet khususnya generasi millennials dan generasi Z. Jumlah followersnya yang mencapai 6 juta lebih di instagram membuat namanya semakin melambung dan gak heran kalau dia sampai jadi bintang iklan di tv atau ketemu Presiden sekalipun.

Jadi sekarang kamu sudah tahu, tentang mengapa beberapa brand melakukan influencer marketing dan apa itu influencer. Next, kami akan bahas lebih dalam soal bagaimana memanfaatkan influencer untuk menjalankan campaign brand kamu. So keep your eyes on us!