Udah nonton film Avengers: Endgame? Tenang kita gak akan spoilerin apapun disini melainkan memuji bagaimana pemasaran film Avengers ke-4 ini begitu viral di media sosial.

Banyak yang memprediksikan bahwa Avengers: Endgame mampu melampaui torehan film Avatar karya James Cameron sebagai film yang mendulang pundi uang terbanyak sampai saat ini, tapi perlu diingat bahwa hal ini gak lepas dari cara Marvel Studio yang benar-benar jenius melakukan pemasaran di dunia maya.

Konten yang bikin penasaran

https://www.instagram.com/p/BsqoxKfnmoJ/?utm_source=ig_web_copy_link

Gak sedikit dari para fans Marvel atau pecinta film di tanah air yang berteori tentang bagaimana kelanjutan para jagoan Marvel di film Avengers ke-4 tersebut.

Marvel sudah menggoda para fansnya melalui konten-konten teaser sejak 2018. Fans yang penasaran akhirnya berspekulasi, dan tentu aja ini adalah rencana Marvel. Gak tanggung-tanggung, Marvel berani mengeluarkan teaser selama 30 detik yang sama sekali gak bocorin isi filmnya, atau mungkin teaser tersebut hanya berisi adegan 10-20 menit awal filmnya.

Ditambah lagi, beragam poster pun disajikan oleh Marvel dengan beragam design, jelas aja tampilan tersebut semakin memperkuat rasa ingin tahu para penggemarnya di seluruh dunia.

Multi channel

Multi channel strategy

Trailer dan teaser tersebut gak serta merta dilempar begitu aja oleh Marvel, tetapi mereka memanfaatkan semua platform digital mereka. Contohnya, Marvel akan mengeluarkan sebuah video trailer berdurasi 15 detik di Instagram kemudian video tersebut berisi ajakan untuk melihat trailer lengkap film tersebut di Youtube atau website mereka.

Jika diperhatikan dengan seksama, Marvel juga menaruh beberapa iklan Avengers: Endgame di televisi atau bahkan di event-event besar di negerinya sana seperti SuperBowl dan gak ketinggalan juga beberapa aplikasi seperti stiker emoji yang bisa di download di Playstore atau App Store yang di promosikan melalui Instagram turut menjadi pemanis.

Dan tentu aja, mereka konsisten menggunakan tagar #AvengersEndgame sejak setahun yang lalu hingga sampai detik ini.

Demam Avengers di Indonesia

Setelah melihat betapa dahsyatnya cara Marvel mempromosikan Avengers: Endgame di media sosial, tentu kita pun penasaran, apakah gaung film yang lagi hype ini benar-benar terasa sampai tanah air?

Berdasarkan data yang Mediawave tangkap di Twitter sejak tanggal 23-30 April 2019 lalu, ternyata warganet cukup memberikan apresiasi tinggi pada film ini. Setidaknya ada 3 besar tagar yang banyak digunakan oleh pengguna Twitter di Indonesia, yakni #AvengersEndgame #DontSpoilTheEndgame dan #ThankYouAvengers

Unique user yang terhitung pun gak sedikit, ada sekitar 7000 netizen yang membicarakannya namun gak menggunakan hashtag.

Download Infografis Avengers: Endgame

FREE DOWNLOAD