Sudah bukan rahasia kan kalau Instagram menjadi platfom media sosial paling hype saat ini.

Dengan berbagai fitur unik nan kece ini, Instagram bermetamorfosa dari sekedar sharing foto hingga menjadi tempat para pelakon usaha mengiklankan barang dan jasa mereka.

Mulai dari brand-brand besar hingga usahawan lokal tidak ketinggalan memamerkan produk mereka melalui layanan Instagram Ad. Kamu pun bisa melakukannya dengan mudah.

Yuk! Simak bagaimana kami mengupas cara simple dan cepat membuat Instagram Ad

Menit 1: Tentukan obyektif

Putuskan tindakan apa yang kamu inginkan ketika mereka melihat iklan dari brand kamu.

Apakah kamu mempromosikan produk baru? Penawaran waktu terbatas? Meningkatkan kesadaran mereka tentang brand kamu? Pilih tujuan yang paling selaras dengan sasaran iklan kamu. Itu harus jelas dan sederhana, untuk kamu dan audiens kamu.

Menit 2 + 3: Meninjau target audiens

Selanjutnya, luangkan beberapa menit untuk memutuskan siapa yang ingin kamu jangkau dengan iklan brand kamu. Memahami audiens adalah kunci untuk membuat iklan yang menarik perhatian mereka dan membuat mereka ingin mengklik.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat:

Tetap Fokus

Jika tujuan brand kamu adalah menjangkau sebanyak mungkin orang, mungkin kamu bisa untuk membiarkan filter audiens terbuka lebar untuk segala segmen. Tetapi menggalih segmen tertentu atau demografis akan memberikan kamu data yang lebih berguna tentang preferensi dan minat audiens brand kamu, dan pada akhirnya membantu kamu memperbaiki strategi iklan Anda.

Menit 4 + 5: Pilih gambar yang menarik

Iklan di Instagram dapat berbentuk foto atau video, di Feed atau sebagai story. Iklan brand kamu udah pasti harus diselaraskan dengan identitas merek kamu.

Instagram selalu menjadi platform visual, dan aturan itu juga berlaku untuk iklan. Tidak peduli seberapa luar biasa penawaran sebuah brand, jika kamu menggunakan foto yang kurang bagus, audiens kamu ujung-ujungnya hanya men-scroll postingan kamu. So make sure kualitas foto sudah oke dan identitas brand kamu diperhatikan dengan seksama. Jangan lupa untuk tampilkan produk dan harganya juga lho.

Menit 6 + 8: Mengarang narasi

Target audiens udah oke, tampilan udah kece, tapi gak akan lengkap tanpa copy yang keren.

Apa pun tujuan iklan kamu harus tercermin dalam caption atau. Gunakan bahasa yang menarik dan direct, sehingga audiens kamu mengetahui dengan jelas tentang apa yang brand kamu sampaikan.

Cukup bayangkan bagaimana kamu menggambarkan penawaran atau produk kamu dalam satu kalimat kepada seorang teman. Tidak perlu mewah untuk mencapai hasil.

Menit 9 + 10: Finishing touch

Mengarahkan audiens

Setelah semua dijalankan dari menit awal, sekarang waktunya memikirkan kemana target audiens kamu diarahkan setelah mereka meng-click postingan iklan kamu.

Kemanapun kamu mengarahkannya, pastikan rasa penasaran mereka terpuaskan hingga akhirnya membeli produk kamu.

Cari Tahu Bagaimana Respon Masyarakat Terhadap Brand Kamu